Jumat, 03 Februari 2017

Resimen Mahasiswa Dididik Bela Negara


JAKARTA – Mengusung tema “Meningkatkan Kesadaran Jiwa Akan Pentingnya Bela Negara Melalui Resimen Mahasiswa", Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Islam Lamongan (Unisla), Jawa Timur, menggelar Pradiklatsar Resimen Mahasiswa Mahasurya Angkatan ke-70. 

Pradiklatsar gabungan ini dikuti oleh 28 peserta dari enam perguruan tinggi, yaitu Unisla, Universitas Islam Darul Ulum (Unisda),  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Lamongan, Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow), Universitas Sunang Bonang (USB) dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Nahdlatul Ulama (NU) Tuban.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 4 hari, Pradiklat gabungan yang menggunakan konsep ruang dan konsep lapang, diharapkan dapat menyadarkan para peserta untuk memiliki kesadaran jiwa yang tinggi untuk ikut serta membela Negara.

"Jika tidak kita sebagai pemuda Indonesia, siapa lagi yang akan bergerak untuk bela Negara,” ujar Komandan Resimen Mahasiswa Unisla, Fikri Firdaus, Jumat (16/12/2016).

Menurut Fikri, dalam konsep ruangan, para peserta diberi materi-materi dasar seputar Resimen Mahasiswa oleh senior dan perwakilan dari Ikatan Resimen Mahasiswa Indonesia (IRMI) Lamongan. 

Tak hanya itu, mereka juga mendaptkan materi dari Rektor Unisla, Bambang Eko Muldjono, Kodim 0812 Lamongan, Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) dan dari Kepolisian. 

Sementara, untuk konsep lapang, para peserta dilatih Peraturan Baris-Berbaris(PBB) dan pengambilan seragam. Untuk materi lapang yang kedua mental para peserta benar-benar diuji. Bahkan, para pserta dituntut mempertanggung jawabkannya. 

"Kedisiplinan itu sudah pendidikan yang semestinya diterapkan dalam Menwa," ucap Fikri. 

Puncaknya, mereka diminta melakukan Caraka Malam (penyampaian pesan), dengan berjalan kaki dari kodim hingga Stadion Surajaya dan keesokan harinya peserta menjalani lintas medan dan terjun ke empang di tengah perjalanan. 

"Semua kegiatan dalam Pradiklatsar itu ditujukan untuk melatih sikap kedisiplinan pada calon Resimen Mahasiswa," kata Fikri menambahkan.

Sumber : http://www.timesindonesia.co.id/read/138762/20161216/112249/resimen-mahasiswa-dididik-bela-negara/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar