Jumat, 03 Februari 2017

Bappeda Kukar Undang Bappenas Latih Seluruh Kades


KUKAR – Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menyelenggarakan pelatihan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Acara yang dihelat pada 13-15 Desember 2016 itu diikuti kepala desa dan sekretaris desa dari 11 kecamatan. 

Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Kukar Drs Edi Damansyah, MSi ini mengundang dua instruktur nasional dari Bappenas. Yakni Sumedi Andono Mulyo PhD dan Muhyiddin, MSc.

Wabup Edi menyampaikan harapannya agar para kepala desa dan aparat desa tetap bersemangat, "Walaupun terjadi penurunan anggaran ADD (Alokasi Dana Desa, Red) dari APBD Kukar, bapak-bapak dan ibu-ibu kades jangan patah semangat ya. Alhamdulillah dana desa  dari APBN terjadi kenaikan di tahun 2017 nanti," ujar Edi.

Muhyiddin, salah satu narasumber, menyampaikan beberapa penekanan agar kades dan aparat desa dapat fokus menangani permasalahan desa dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Untuk bisa melaksanakan itu semua, maka optimalisasi DD dan ADD adalah mutlak. RPJMDes, RKPDes, dan APBDes adalah alat agar pemecahan masalah dan pengembangan potensi desa dapat dilakukan secara efisien dan maksimal." ujar perencana senior yang menyelesaikan masternya di Bidang Ekonomi di Vrije University Amsterdam, Belanda, ini.

Ketika dimintai komentarnya tentang penurunan APBD Kukar yang berimbas pada turunnya ADD, pria asal Batu, Jawa Timur, ini mengutarakan pentingnya kualitas APBDes. Baik pada saat perencanaan maupun pelaksanaan.

"Fokus pada program dan kegiatan yang prioritas masalahnya paling urgen. Pelayanan tetap diutamakan, potensi tetap dikembangkan. Mengingat keterbatasan dana maka pembiayaan ditekankan untuk lebih ke jangka menengah. Inilah pentingnya  keterampilan menyusun program di RPJMDes," ucap peneliti kebijakan fiskal di Pusat Analisis Kebijakan (PAK) Bappenas ini.

Sumber : http://www.timesindonesia.co.id/read/138805/20161216/183542/bappeda-kukar-undang-bappenas-latih-seluruh-kades/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar