Selasa, 07 Februari 2017

Belajar Demokrasi, Siswa Mufourga Mengikuti Proses Pilkades

Belajar Demokrasi, Siswa Mufourga Mengikuti Proses Pilkades
PURBALINGGA – Untuk mengisi materi Demokrasi pada mata pelajaran PKn, Semua siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah 04 Slinga (Mufourga), Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengamati proses Pemilihan Kepala Desa Slinga, Ahad (27/11/2016). 
Menurut guru PKn, Purwanto walaupun materi demokrasi itu di semester genap, tetapi karena ada momentum bagus, maka tidak disia-siakan kesempatan yang adanya 6 tahun sekali ini. 
Mereka mengamati secara langsung setiap tahapan, mulai dari pengambilan sumpah Panitia Pelaksana (Panlak), saat pemungutan suara sampai dengan perhitungan suara di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di lapangan olah raga Desa Slinga.
Sebelumnya siswa mengikuti penjelasan teknis pengamatan dan pencarian data saat pilkades berlangsung. "Siswa kami dikelompokkan dengan 5 siswa per kelompok dan dibekali kuisioner sebagai bahan wawancara dengan panitia", Kata Purwanto.
Kegiatan ini juga bertujuan sebagai penanaman karekter berani, sebab meraka harus mendapatkan data dengan cara bertanya atau wawancara dengan nara sumber. "Setelah proses pengamatan dan pengumpulan data ini, setiap kelompok diberi waktu satu pekan untuk membuat laporan", Imbuh Purwanto.
Sekretaris Panlak Pilkades, Jalal menyampaikan apresiasi dengan adanya kegiatan yang positif bagi siswa. Mereka tidak hanya menonton tetap juga ada proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar