Selasa, 07 Februari 2017

Latih Siswa Menghadapi Ujian Basis Komputer

Latih Siswa Menghadapi Ujian Basis Komputer

PURBALINGGA – Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga - Jawa Tengah mengikuti Simulasi 1 Ujian Berbasis Komputer. Ujian Berbasis Komputer merupakan ujian yang menggunakan komputer secara semi online di mana server di laboratorium komputer terhubung ke server pusat Puspendik-Jakarta, dan komputer user/client hanya terhubung ke server lokal di laboratorium tersebut. 
Sebanyak 409 siswa kelas XII semua kompetensi Keahlian kali ini mengikuti Simulasi 1 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.
Kegiatan Simulasi 1 ini serentak pada jenjang SMK mulai tanggal 29 November-1 Desember 2016 di laksanakan pada sekolah-sekolah yang sudah terdaftar sebagai peserta Ujian Berbasis Komputer. 
Kegiatan simulasi 1 ini bertujuan untuk mengecek kondisi infrastruktur di sekolah, latihan proktor dan teknisi mengikuti prosedur pelaksanaan ujian, latihan melaksanakan ujian berbasis komputer (bukan latihan materi   ujian) untuk siswa, serta untuk mengecek sistem dan Prosedur.
5 server sudah dipersiapakan oleh Tim IT SMK Muhammadiyah Bobotsari untuk di tempatkan pada masing-masing Laboratorium. Diantaranya, Lab KKPI 1, Lab TKJ,  Lab Akuntansi dan Lab KKPI 2,  serta satu server Cadangan di persiapkan unrtuk membackup jika ada kerusakan server. 
Jadwal Simulasi 1 di bagi menjadi 3 sesi, setiap sesi waktu latihannya selama 120 menit.
"Mengkondisikan siswa untuk mengikuti Ujian Berbasis Komputer, memberikan stimulasi kepada peserta didik yang akan menghadapi ujian, sehingga siswa sudah terbiasa dan siap secara teknis," terang Sugeng Riadi,S.Si selaku Wakil Ketua Bagian Kurikulum. Rabu (30/11/16) 
Simulasi 1 pada hari kedua dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, juga untuk mengecek persiapan kelengkapan terutama speaker, serta memperkenalkan teknik "listening" kepada peserta didik, tambah Sugeng mengakhiri monitoring pada Laboratorium KKPI 2.
"Latihan Simulasi 1 memberikan kemudahan secara teknis pengerjaan ujian kepada saya sebagai siswa kelas XII yang pada bulan April 2017 mendatang akan mengikuti ujian, latihan juga di pandu oleh instruktur laborotarium sehingga ketika kurang jelas kami bisa langsung bertanya". Aku Saeul Fadli kelas XII ADP 2. 
Sementara Kepala Sekolah, Toto Widiarto,S.Pd mengungkapkan "Sekolah kami siap dengan pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer, kami mempunyai 4 Laboratorium yang sudah representatif untuk mengadakan Ujian Basis Komputer skala Nasional dengan jumlah secara keseluruhan ada 160 komputer".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar