Jumat, 03 Februari 2017

Ini Jargon UKM Jurnalistik Unisla


LAMONGAN – “The Power of Writing, Satu Tulisan Sejuta Perubahan” menjadi tema yang dipilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik GREEZMA untuk menggembleng calon anggotanya. 

Sebanyak 23 calon anggota UKM Jurnalistik GREEZMA menjalani diklat pada 10-11 Desember 2016 lalu, supaya bisa menjadi kader jurnalistik yang dapat membuat perubahan positif di kampus hijau - Unisla. 

"Dengan diadakan diklat ini semoga anggota baru bisa berdedikasi dan mau selalu ikut serta bertanggung jawab dalam penggarapan majalah UKM Jurnalistik Unisla untuk edisi 29 dan seterusnya, yang dinamakan GREEZMA tersebut,” ujar Ketua Redaksi, Dani Dwipa. 

Diklat yang dibuka oleh Pembina UKM Jurnalistik, Mufid Dahlan, ini diikuti mahasiswa dari berbagai jurusan untuk mendapatkan berbagai materi, seperti teknik penulisan berita, Dasar-dasar dan Perspektif Jurnalistik, Kepemimpinan dan Organisasi, serta Design Layout. 

"Semoga dengan diklat ini, anggota baru akan semakin kompeten di bidang jurnalistik yang meliputi persiapan, penyuntingan, dan penyampaikan berita kepada khalayak khususnya mahasiswa Unisla," ucapnya mengharapkan.

Ia menambahkan, majalah GREEZMA yang berada dalam naungan organisasi, sehingga para peserta diklat juga diberikan materi ke - Organisasi dan Kepemimpinan. 

"Agar peserta yang menjadi anggota UKM nantinya bisa ikut serta memanajemen UKM Jurnalistik sehingga penggarapan majalah Greezma dapat berjalan dengan baik dan terbit tepat waktu," katanya menambahkan. 

Satu diantara pemateri, M. Suaeb, mengungkapkan bahwa metode penggalian berita dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menurutnya, sesuatu yang bisa dijadikan berita harus penting dan menarik. 

“Teknik wawancara harus menguasai permasalahan, mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik dan jangan lupakan 5W + 1H," tuturnya.

Sumber : http://www.timesindonesia.co.id/read/138690/20161215/100620/ini-jargon-ukm-jurnalistik-unisla/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar